OBSERVASI TANAMAN POHON PEPAYA

 

OBSERVASI TANAMAN POHON PEPAYA

Assalamualaikum wr.wb

Hari ini tema nya tentang tanaman buah-buahan seperti biasanya saya merancang pembelajaran terlebih dahulu sebelum disampaikan ke anak-anak.Pembelajaran hari ini  kita akan mulai dengan jalan-jalan atau bermain ke kebun yang ada pohon pepaya nya,karena hari ini tema nya tentang tanaman buah-buahan sub temanya buah pepaya.

Dalam perjalanan kita banyak sekali melihat berbagai ciptaan Allah SWT ,subhanallah maha suci allah yang telah menciptakan bumi dan isinya.terkadang kita tidak pernah menyadari keindahan alam disekitar kita yang begitu indah,makanya kita harus selalu bersyukur,bersyukur,dan selalu bersyukur.

Sesampai di kebun anak-anak sangat senang sekali, berlari kesana kemari,mereka riang gembira melewati jalan naik turun bulak belok,pokonya seru banget deh,anak-anak bisa menyaksikan banyaknya berbagai tanaman ciptaan Allah dan melihat kebebasan alam,meskipun ada Sebagian anak yang tidak antusias menikmati perjalanannya ,itulah karakter anak-anak berbeda-beda tapi unik,tapi kami tidak patah semangat,kami selalu memberi rayuan dan pujian untuk membujuk anak-anak supaya ikut kegiatan ini,karena kegiatan ini adalah untuk merangsang atau menstimulus perkembangan dan pertumbuhan untuk anak.mungkin anak-anak belum begitu paham tentang tujuan kenapa mereka diajak kesini,mereka mungkin hanya tahu keseruan bermain Bersama-sama dengan teman-temannya dialam bebas.

Saya bercerita tentang tanaman buah pepaya itu adalah ciptaan Allah,menceritakan tentang bagian-bagian dari pohon pepaya,dimulai dari bagian paling bawah yaitu akar,terus batang,bagian paling atas ada daun bunga dan buah.Kemudian mengenal kan warna  daun pepaya adalah hijau,buahnya kalau yang masih mentah warnanya hijau,yang sudah matang warnanya kuning,bunga pepaya warna nya kuning mengenal bentuk pepaya itu lonjong,kemudian pepaya itu ditanamnya di tanah,

Setelah itu anak mengamati, bertanya,mengumpulkan informasi,menalar dan mengomunikasikan sesuai dengan  pendekatan saintifik. Anak mengamati tanaman pohon pepaya menggunakan indera seperti melihat,mendengar,meraba,mencium,terus anak banyak bertanya tentang tanaman pohon pepaya,rangsang anak agar anak mau bertanya,terus lakukan diskusi agar anak dapat mengumpulkan informasi dengan cara berkomunikasi tanya jawab,kemudian anak dirangsang agar anak mampu menyebutkan apa saja pengetahuan yang didapat anak selama kegiatan berlangsung,terus anak dapat menunjukan berbagai kreativitas,atau anak dapat menyebutkan bagian-bagian dari tanaman pohon pepaya.

Tujuan kami membawa mereka belajar diluar kelas adalah untuk merangsang atau menstimulus  enam aspek perkembangan yaitu Nilai Agama dan Moral,Fisik Motorik kasar dan Motorik halus,Kognitif,Bahasa,Sosial Emosional,dan Seni.Itu semua mengacu pada STTPA.

 Mengenal kan ke anak-anak bahwa tanaman itu adalah ciptaan Allah

Anak dapat melompat dan berlari kesana kemari

Anak bisa menirukan Gerakan pohon yang tertiup angin

Anak dapat membedakan  permukaan kasar dan Permukaan halus

Anak mendapatkan kosa kata baru,dapat berkomunikasi dengan teman-temannya

Anak dapat mengenal warna dan bentuk dari tanaman buah pepaya secara langsung dan kongkrit

Anak sudah mulai mampu sabar menunggu giliran dengan temannya

Anak dapat bersosialisasi dengan lingkungan sekitar

Wasalammualaikum wr.wb


Komentar

Postingan populer dari blog ini

KEBUTUHAN ANAK USIA DINI

BERMAIN BOY-BOYAN BERSAMA ANAK USIA DINI 5-6 TAHUN