OBSERVASI TANAMAN POHON PEPAYA
OBSERVASI TANAMAN POHON PEPAYA
Assalamualaikum wr.wb
Hari ini tema nya tentang tanaman buah-buahan seperti
biasanya saya merancang pembelajaran terlebih dahulu sebelum disampaikan ke
anak-anak.Pembelajaran hari ini kita
akan mulai dengan jalan-jalan atau bermain ke kebun yang ada pohon pepaya nya,karena
hari ini tema nya tentang tanaman buah-buahan sub temanya buah pepaya.
Dalam perjalanan kita banyak sekali melihat berbagai
ciptaan Allah SWT ,subhanallah maha suci allah yang telah menciptakan bumi dan
isinya.terkadang kita tidak pernah menyadari keindahan alam disekitar kita yang
begitu indah,makanya kita harus selalu bersyukur,bersyukur,dan selalu
bersyukur.
Sesampai di kebun anak-anak sangat senang sekali,
berlari kesana kemari,mereka riang gembira melewati jalan naik turun bulak
belok,pokonya seru banget deh,anak-anak bisa menyaksikan banyaknya berbagai
tanaman ciptaan Allah dan melihat kebebasan alam,meskipun ada Sebagian anak
yang tidak antusias menikmati perjalanannya ,itulah karakter anak-anak
berbeda-beda tapi unik,tapi kami tidak patah semangat,kami selalu memberi
rayuan dan pujian untuk membujuk anak-anak supaya ikut kegiatan ini,karena
kegiatan ini adalah untuk merangsang atau menstimulus perkembangan dan
pertumbuhan untuk anak.mungkin anak-anak belum begitu paham tentang tujuan
kenapa mereka diajak kesini,mereka mungkin hanya tahu keseruan bermain
Bersama-sama dengan teman-temannya dialam bebas.
Saya bercerita tentang tanaman buah pepaya itu adalah
ciptaan Allah,menceritakan tentang bagian-bagian dari pohon pepaya,dimulai dari
bagian paling bawah yaitu akar,terus batang,bagian paling atas ada daun bunga
dan buah.Kemudian mengenal kan warna
daun pepaya adalah hijau,buahnya kalau yang masih mentah warnanya
hijau,yang sudah matang warnanya kuning,bunga pepaya warna nya kuning mengenal
bentuk pepaya itu lonjong,kemudian pepaya itu ditanamnya di tanah,
Setelah itu anak mengamati, bertanya,mengumpulkan
informasi,menalar dan mengomunikasikan sesuai dengan pendekatan saintifik. Anak mengamati tanaman
pohon pepaya menggunakan indera seperti melihat,mendengar,meraba,mencium,terus anak
banyak bertanya tentang tanaman pohon pepaya,rangsang anak agar anak mau bertanya,terus
lakukan diskusi agar anak dapat mengumpulkan informasi dengan cara berkomunikasi
tanya jawab,kemudian anak dirangsang agar anak mampu menyebutkan apa saja pengetahuan
yang didapat anak selama kegiatan berlangsung,terus anak dapat menunjukan berbagai
kreativitas,atau anak dapat menyebutkan bagian-bagian dari tanaman pohon pepaya.
Tujuan kami membawa mereka belajar diluar kelas adalah
untuk merangsang atau menstimulus enam
aspek perkembangan yaitu Nilai Agama dan Moral,Fisik Motorik kasar dan Motorik
halus,Kognitif,Bahasa,Sosial Emosional,dan Seni.Itu semua mengacu pada STTPA.
Mengenal kan ke
anak-anak bahwa tanaman itu adalah ciptaan Allah
Anak dapat melompat dan berlari kesana kemari
Anak bisa menirukan Gerakan pohon yang tertiup angin
Anak dapat membedakan
permukaan kasar dan Permukaan halus
Anak mendapatkan kosa kata baru,dapat berkomunikasi
dengan teman-temannya
Anak dapat mengenal warna dan bentuk dari tanaman buah
pepaya secara langsung dan kongkrit
Anak sudah mulai mampu sabar menunggu giliran dengan
temannya
Anak dapat bersosialisasi dengan lingkungan sekitar
Wasalammualaikum wr.wb
Komentar
Posting Komentar